Letak Geografis Pulau Jawa

     Jika Anda membaca peta Indonesia, pulau Jawa terletak antara pulau Bali ke timur dan Pulau Sumatera ke barat, antara Natal Pulau ke selatan dan ke utara Kalimantan. Jawa Indonesia peta dikelilingi oleh Selat Sunda di barat, Laut Jawa di utara, Selat Madura dan Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan juga

    Java Indonesia adalah pulau terbesar ke-13 dunia dan pulau terpadat di dunia kondisi geografis java hampir seluruhnya berasal dari vulkanik;. mengandung 38 pegunungan, beberapa dari mereka adalah gunung berapi aktif. Gunung berapi tertinggi di Jawa adalah Gunung Mahameru atau Semeru (3.676 m). Gunung berapi paling aktif di Indonesia juga terletak di pulau ini, yaitu Gunung Merapi (2.968 m).

            Daerah Jawa peta adalah sekitar 139.000 km2. Sungai pulau terpanjang yaitu Bengawan Solo (600 km). Bengawan Solo sungai naik dari gunung berapi Lawu (Jawa Tengah), kemudian mengalir ke Laut Jawa di sekitar Surabaya, Jawa Timur.

Para Suhu Parahyangan dataran tinggi dekat Bogor, Jawa Barat rata-rata 22 ° C sampai 29 ° C dan kelembaban sekitar 75% sepanjang tahun. Wilayah utara di dekat pantai lebih panas (34 ° C). Daerah selatan lebih dingin dari utara, dan dataran tinggi daerah yang lebih dingin lagi. Bulan-bulan terbasah di Jawa Januari dan Februari. Musim hujan sendiri dimulai pada bulan Oktober sampai April.

Jawa Timur lebih kering dibandingkan Jawa Barat. Daerah-daerah pegunungan di Jawa Barat menerima curah hujan lebih tinggi. Daerah Bogor Jawa Barat menerima lebih dari 4.000 mm per tahun, sedangkan pantai utara Jawa Timur menerima 900 mm per tahun.

Posisi geografis strategis Jawa Barat memiliki banyak keuntungan bagi daerah ini, terutama dari transportasi dan sudut pandang komunikasi. Bagian utara Jawa Barat adalah daerah tanah datar, sedangkan daerah berbukit dengan sedikit pantai di daerah selatan dan pegunungan di bagian tengah.

Jawa Timur memiliki iklim tropis basah. Dibandingkan dengan wilayah barat Jawa, Jawa Timur pada umumnya memiliki curah hujan kurang. Curah hujan rata-rata 1900 mm per tahun, dengan musim hujan selama 100 hari. Suhu rata-rata berkisar antara 21-34 ° C. Suhu di daerah pegunungan seperti lebih rendah, dan bahkan di Ranu Pani (lereng Gunung Semeru), suhu bisa mencapai minus 4 ° C, yang menyebabkan penurunan salju yang lembut.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply